Cara membuat souffle keju – resep

Souffle memiliki apa yang Anda sebut reputasi buruk – yang aneh, karena, pada kenyataannya, rasio upaya-untuk-efek sangat condong dalam bantuan juru masak. Setelah Anda mengetahui ilmu di balik sihir, mereka adalah salah satu hidangan paling serbaguna yang dapat Anda miliki dalam daftar lagu Anda: cepat dibuat, suguhan untuk makan, dan dijamin mengesankan.

Persiapan 30 mnt
Masak 12 menit
Menyajikan 6

40g mentega, ditambah ekstra untuk mengolesi
20g remah roti putih halus
40g tepung terigu
300ml susu murni
4 telur besar
½ sdt bubuk mustard Inggris
100 gr gruyère, parut halus
50g parmesan, parut halus
Garam dan merica
1 Siapkan cetakannya

Panaskan oven hingga 200C (kipas 180C) / 390F / gas 6 dan rebus ketel. Melelehkan atau melembutkan sedikit mentega ekstra dan menggunakannya secara menyeluruh untuk melapisi enam ramekin kecil, lurus, tahan oven atau sejenisnya.

Masukkan sesendok remah roti ke dalam satu ramekin, dan balikkan untuk melapisi bagian dalamnya sampai ke atas, pegang ramekin kedua untuk menangkap kelebihan, kemudian ulangi dan dinginkan.
2 Mulai saus putih

Dasar souffle di sini adalah saus putih sederhana, jadi lelehkan mentega dalam panci sedang di atas api sedang, lalu aduk tepung. Teruslah memasak dan aduk selama beberapa menit, sampai campuran mulai berbau roti bakar, tetapi jangan biarkan warnanya berubah. Kocok susu secara bertahap sampai Anda memiliki pasta yang halus.

3 Selesaikan saus, lalu dinginkan

Panaskan dengan lembut, aduk secara teratur, sampai saus mendidih, lalu kecilkan api dan biarkan mendidih, aduk, hingga mengental menjadi konsistensi mirip béchamel, tetapi masih bisa dituang. Masukkan ke dalam mangkuk besar dan sisihkan agar agak dingin; harus cukup panas untuk melelehkan keju, tetapi tidak terlalu panas untuk memasak kuning telur.
4 Siapkan bain-marie

Setengah isi timah panggang dengan air mendidih dan masukkan ke dalam oven – bain-marie ini akan mengisolasi campuran souffle dari panasnya oven, dan menjaga teksturnya lembut dan custardy, daripada keras dan kenyal. Pisahkan telur, dan taruh putih dalam mangkuk segar yang cukup besar untuk menampung beberapa pengocok yang kuat.

5 Tambahkan keju, kuning telur, dan mustard

Aduk bubuk mustard, tiga perempat gruyere parut dan semua parmesan ke dalam saus putih yang masih hangat. Bumbui dan aduk sampai keju telah meleleh menjadi saus yang cukup halus, lalu tambahkan kuning telur satu per satu. Akhirnya, tambahkan sisa gruyère, campur untuk mendistribusikannya secara merata – jangan khawatir meleleh kali ini.
6 Kocok putih telur

Kocok putih telur dengan sejumput garam sampai kaku, tetapi tidak kering atau berbutir-butiran: itu adalah udara dalam putih yang mengembang dalam panasnya oven, membantu souffle naik, jadi dapatkan sebanyak mungkin di sana, dan cobalah tidak terlalu banyak tersingkir di tahap berikutnya.

7 Lipat putih telur

Aduk beberapa telur putih ke dalam saus keju untuk melonggarkannya, lalu dengan lembut dan lembut lipat telur putih dengan sendok logam besar atau spatula.
8 Panggang

Membagi antara ramekin, mengisinya hanya sedikit di atas, kemudian menempatkan mereka di bain-marie dan panggang selama delapan menit, sampai naik dan keemasan, tetapi masih goyah di tengah. Sajikan segera.

9 Variasi

Jangan ragu untuk mengganti keju pilihan Anda dengan gruyère klasik dan kombo parmesan, atau aduk ham cincang halus atau salmon yang dipipihkan, jamur tumis, asparagus yang direbus dan dicincang, bayam, daun bawang segar, selada air atau daun bawang, atau sedikit pun asap. paprika ke pangkalan, jika Anda suka – hindari sesuatu yang terlalu basah.

10 Dan bagaimana mempersiapkan diri …

Meskipun Anda akan mendapatkan hasil terbaik dengan putih telur yang baru dikocok, Anda bisa menyelesaikan hingga akhir langkah 5 di muka – dan, jujur saja, Anda masih akan berakhir dengan souffle yang cukup baik jika Anda berhasil, tutup ramekin yang diisi dan taruh di kulkas selama beberapa jam sebelum dipanggang. Sudah kubilang mereka mudah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *