Cara membuat seafood paella – resep

Dikonfirmasi sebagai kontribusi Spanyol yang paling dicintai untuk masakan dunia dengan peningkatannya pada emoji kanon pada tahun 2016, kontroversi berikutnya tentang bahan-bahan paella virtual meringkas kebanggaan Valencianos dalam mengambil hidangan nasi mereka yang terkenal. Meskipun pada saatnya, udang dan kacang polong diganti dengan ayam dan kacang asli, pada kenyataannya, seperti yang dikatakan oleh chef Llorenç Millo, “Paella memiliki banyak resep seperti halnya ada desa, dan hampir sama banyaknya dengan koki.” milikku.
Seafood Paella

Persiapan 15 mnt
Masak 1 jam 20 menit (termasuk stok dan istirahat)
Untuk 2-4 porsi, tergantung rasa lapar

1 saffron cubitan besar
4 udang windu mentah tanpa kulit
Minyak zaitun 90ml
3 siung bawang putih, kupas dan cincang halus
500ml stok ikan berkualitas baik
150 g monkfish bersumber berkelanjutan
1 bawang, kupas dan potong dadu halus
1 sdt paprika asap
200 g tomat cincang
50ml anggur putih kering
150g cumi-cumi bayi, potong menjadi cincin tebal
200g calasparra, bomba atau beras pendek lainnya
150g kacang polong luas, kacang pelari segar atau beku, atau iris
150g kerang, gosok
1 genggam daun peterseli cincang
½ lemon, potong-potong
1 Mulai persediaan

Taruh kunyit dalam mangkuk kecil dengan satu sendok makan air panas dan biarkan berendam. Tempelkan udang dan masukkan dagingnya kembali ke lemari es saat Anda menggunakan kerang untuk membuat kaldu. Panaskan satu sendok makan minyak zaitun dalam wajan besar di atas api sedang-rendah, lalu goreng satu siung bawang putih cincang selama beberapa menit.

2 Saring dan tetap hangat

Tambahkan kepala dan ekor udang ke dalam wajan dan masak, aduk untuk memecahnya, selama sekitar tiga menit, hingga diwarnai dengan baik, lalu tuangkan kaldu ikan, nyalakan sedikit panasnya dan bawa sedikit di bawah mendidih. Rebus perlahan selama 30 menit, lalu saring kaldu, buang cangkangnya, kembalikan cairan ke wajan dan bumbui secukupnya. Tetap hangat.

3 Goreng ikan

Tuang minyak yang tersisa ke dalam panci paella 26cm (mudah tersedia secara online) atau wajan yang lebar dan tipis dengan ukuran yang kira-kira sama dan atur di atas api sedang-tinggi. Setelah panas, potong monkfish menjadi potongan-potongan dan goreng, putar secara teratur, sampai agak keemasan, lalu ambil dengan sendok berlubang, sisakan sebanyak mungkin minyak dalam wajan, dan sisihkan.
4 Mulai paella

Kecilkan api sedang-rendah, lalu goreng bawang dan sisa bawang putih, aduk sering, sampai bawang lunak dan emas; hati-hati bawang putihnya tidak gosong. Aduk paprika dan masak sebentar hingga harum, lalu tambahkan tomat dan anggur ke dalam wajan.

5 Tambahkan cumi, sayuran dan nasi

Nyalakan api, tambahkan anggur dan didihkan. Gelembung dengan kuat selama 10 menit, hingga sedikit berkurang, lalu tambahkan cumi-cumi, nasi, dan kacang polong (tidak perlu untuk mengupas kacang kecuali Anda benar-benar tidak menyukai kulit luar). Aduk sampai semua butir dilapisi dengan cairan dan nasi berada di lapisan yang rata.

6 Tambahkan stok dan makanan laut

Tuang 400 ml kaldu udang hangat ditambah kunyit dan air rendamannya. Aduk, didihkan dan didihkan selama 10 menit tanpa diaduk lebih lanjut, lalu atur monkfish, kerang, dan udang kupas di atas nasi, dorong ke bawah ke dalam nasi, tetapi biarkan tidak terganggu.

7 Jangan bergerak!

Lanjutkan memasak, masih tanpa diaduk, selama sekitar delapan menit, awasi wajan dengan hati-hati – jika mulai terlihat sangat kering sebelum nasi matang sepenuhnya, kemudian tambahkan sisa kaldu udang yang hangat, mengingat yang sudah jadi hidangan seharusnya tidak pekat atau basah: memang, harus ada kerak renyah di bagian bawah.
8 Biarkan istirahat

Tutupi loyang dengan kertas timah, matikan api dan biarkan selama 10 menit (paella terasa lebih hangat daripada panas). Lepaskan kertas timah dan hiasi dengan peterseli cincang dan potongan lemon. Paella juga terkadang disajikan dengan aioli (secara tradisional dibuat hanya dengan bawang putih, minyak zaitun, dan garam), meskipun mayo bawang putih yang baik juga akan bekerja dengan baik.
9 Alternatif

Jika makanan laut tidak mengapung perahu Anda, tukarkan stok udang dengan ayam yang baik dan tumis potongan ayam dan / atau kelinci (idealnya tulang-dalam) di tempat monkfish; atau gunakan kaldu tanpa daging dan sayuran pilihan Anda sebagai gantinya. Untuk inspirasi, lihat buku Paella karya Alberto Herraiz, yang menampilkan 108 resep, dari beras Mallorcan yang “kotor” hingga paella pencuci mulut yang manis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *