Cara membuat pai ayam – resep

Jika ada hidangan yang dijamin akan menenangkan bulu-bulu yang mengacak-acak dan membuat hati patah, itu adalah pai ayam. Ini bukan makanan yang menyolok – saus pucat dan kental tidak terlihat bagus di Instagram, dan citarasanya lebih baik daripada berteriak, dengan daun bawang manis dan bacon asin yang menyanjung pesona lembut ayam di bawah kulit mentega, kerak pastry. Ini adalah makanan krem yang tenang dan menenangkan dari jenis terbaik. Sajikan dengan sayuran kukus dan dihaluskan.

Persiapan 35 mnt
Dinginkan 40 mnt
Masak 1 jam 50 menit
Untuk 4-6 porsi

1 ayam kecil, sekitar 1,4 kg (atau sisa daging panggang, lihat langkah 1)
1 wortel besar, dicuci dan dipotong-potong tetapi tidak dikupas
1 bawang, dipotong-potong tetapi tidak dikupas
2 batang seledri, dipotong-potong
1 daun salam
Beberapa lada hitam
1 ikat tarragon
1 siput madeira atau sherry manis
Garam
Mentega 40g
100g daging asap, potong-potong atau lardon
2 daun bawang, dipotong kasar
200ml krim tunggal
bumbu dari 1 lemon

Untuk pastry (atau gunakan puff pastry 500g)
225g tepung terigu
Garam
225g mentega yang sangat dingin
Air es 100ml
1 butir telur, kocok dengan sedikit susu atau air
1 Mulai dari awal (atau gunakan sisa makanan)

Pie ayam layak dibuat dari awal, jadi saya sudah memasukkan instruksi untuk memburu burung di sini, tetapi Anda juga bisa membuatnya dari sisa daging yang dimasak, dari daging panggang hari Minggu, misalnya, jika Anda punya cukup. Anda akan membutuhkan sekitar 550g, tanpa tulang atau kulit, dan 500ml kaldu ayam (ujung dalam saus sisa). Jika demikian, mulailah dari langkah 3.
2 Buang burung itu

Masukkan ayam dalam wajan besar dengan wortel, bawang, seledri, daun salam, merica dan beberapa tangkai tarragon.

Tutup dengan air dingin, didihkan, lalu singkirkan buih dari permukaan. Kecilkan api dan didihkan perlahan selama sekitar 45 menit, sampai burung matang (potong bagian paha yang paling tebal untuk diperiksa: jusnya harus bening).
3 Mulailah dari kue

Saat ayamnya direbus, buat puff pastry yang kasar. Ayak tepung dan sedikit garam ke permukaan yang dingin. Potong mentega menjadi kira-kira 1 cm kubus lalu squidge keduanya dengan lembut – tujuannya bukan untuk mencampurkannya sepenuhnya menjadi remah-remah, tetapi untuk berakhir dengan benjolan kecil mentega yang dilapisi tepung. Seperti namanya, pastry harus terlihat cukup kasar, bahkan belum selesai.

4 Tambahkan air dingin

Taburkan sedikit air es di atas campuran mentega dan tepung dan aduk, lalu ulangi sampai adonan tercampur menjadi adonan – kecuali dapur Anda sangat kering, Anda mungkin tidak membutuhkan semua air – kerjakan sesedikit mungkin untuk meminimalkan pengembangan gluten. Bentuk menjadi persegi panjang, bungkus clingfilm dan dinginkan selama 20 menit.
5 Gulung kue

Tepung ringan permukaan kerja. Ratakan persegi panjang adonan hingga tiga kali panjang aslinya. Lipat ketiga atas kembali ke tengah, lalu bawa ketiga bawah ke atas untuk memenuhi itu, sehingga adonan Anda sekarang memiliki tiga lapisan. Beri adonan seperempat putaran dan gulung lagi sampai tiga kali panjang aslinya, lalu lipat lagi, seperti sebelumnya, dan dinginkan selama 20 menit lagi.
6 Kurangi stok

Angkat burung yang sudah matang dari wajan dan sisihkan untuk mendinginkan. Putar panas di bawah kaldu, didihkan dan kurangi sekitar tiga perempat, menjadi sekitar 500ml; ini akan memakan waktu sekitar 20 menit (jika menggunakan daging yang dimasak, cukup bawa 500 ml kaldu ke dalam api kecil).

Tambahkan siput atau sherry, dan bumbui secukupnya. Setelah ayamnya cukup dingin, potong dagingnya.

7 Goreng bacon dan daun bawang

Panaskan oven hingga 200C (kipas 180C) / 390F / gas 6. Lelehkan mentega dalam wajan besar di atas api sedang, tambahkan bacon dan goreng sampai berwarna keemasan. Ambil dan sisihkan, lalu goreng bawang perai dalam wajan yang sama selama lima hingga delapan menit, hingga halus. Nyalakan api dan, setelah wajan panas, tuang kaldu – seharusnya mendesis – dan kikis bagian bawah wajan untuk memasukkan potongan yang macet.
8 Selesaikan isinya

Biarkan menggelembung selama kurang lebih satu menit, lalu aduk krim, kulit lemon, sisa daun tarragon, dipotong kasar, dan bacon goreng. Bumbui secukupnya, lalu aduk daging ayam. Tuang ke dalam piring pai besar dan biarkan hingga dingin untuk menghangatkan, idealnya – ini akan membuat hidup lebih mudah dengan kue kering (atau, jika Anda membuat isi sebelumnya, biarkan hingga dingin sepenuhnya).

9 Panggang pai

Saat Anda siap untuk memanggang, gulung pastry di atas permukaan yang ditaburi sedikit hingga setebal 5mm. Olesi tepi piring pai dengan telur, lalu letakkan kue di atas, tekan ke bawah untuk menutup.

Potong lubang kecil di bagian atas, keriting ujungnya, jika Anda suka, lalu gosok dengan telur dan panggang selama sekitar 30-40 menit, sampai pastinya bengkak dan berwarna keemasan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *