Cara membuat granola Anda sendiri – resep

Jika saya bisa kembali ke masa lalu, saya akan berinvestasi dalam saham granola: campuran biji-bijian, buah-buahan dan kacang-kacangan ini seringkali lebih mahal per kilo daripada steak. Tidak hanya murah dan mudah dibuat di rumah, tetapi Anda juga bisa memasukkan apa yang Anda suka ke dalamnya. Bukan penggemar kismis? Bin mereka. Gila dengan kacang macadamia? Chuck di seluruh tas. Kebahagiaan sarapan dipesan lebih dahulu.
Granola DIY

Persiapan 5-10 menit
Masak 30-35 mnt
Membuat 1 toples besar

170g gandum jumbo digulung
170 g biji-bijian pilihan Anda (misalnya, dieja, gandum atau gandum hitam), atau gandakan jumlah gandum
250g campuran kacang dan serutan kelapa, dipotong kasar
50g biji labu (atau biji pilihan Anda)
40g minyak kelapa
120ml madu
½-1½ sdt garam serpihan (opsional)
1 buah pala bubuk, kayu manis, jahe, atau kapulaga (opsional)
1 putih telur besar
80-100g campuran buah kering pilihan Anda

1 Masukkan biji-bijian dasar Anda ke dalam mangkuk besar
Oat gulung adalah pilihan klasik di sini, dan cenderung menghasilkan yang termurah, tapi saya juga suka mencampur biji-bijian lain, untuk membuat tekstur dan rasanya lebih menarik. Jangan ragu untuk bereksperimen dengan apa pun yang Anda temukan di toko makanan kesehatan: gandum hitam, gandum, barley, bahkan quinoa semuanya akan bekerja dengan baik.

2 Campurkan biji dan kacang
Aduk untuk menyebar – lagi, gunakan pilihan biji, kacang dan serutan kelapa pilihan Anda sendiri, tetapi pastikan Anda memotong kasar kacang besar atau Anda akan berakhir dengan beberapa kelompok yang sangat gila. Jika Anda lebih memilih untuk menjaga granola bebas kacang, lewati saja tahap ini.

3 Lelehkan minyak kelapa dan madu
Masukkan lemak (Anda juga bisa menggunakan minyak zaitun atau bunga matahari, atau mentega kacang) dalam wajan kecil di atas api kecil dengan madu (atau emas, maple atau sirup lainnya) dan masak, aduk sesekali, sampai mereka mencair bersama. . Jangan tergoda untuk menghentikan tahap ini; tanpa gula atau lemak, ini tidak akan menjadi granola, tetapi muesli.

4 Aduk bersama
Tuang minyak hangat dan madu ke dalam mangkuk dengan biji-bijian, kacang-kacangan dan biji-bijian, lalu aduk hingga rata. Saya juga ingin menambahkan sedikit garam pada tahap ini, meskipun ini sepenuhnya opsional, seperti sedikit rasa manis, bumbu penghangat seperti jahe, kayu manis, pala, atau kapulaga.

5 Kocok putih telur sampai berbusa
Pisahkan telur dan taruh putih dalam mangkuk sedang (simpan kuning telur untuk mayo). Kocok dengan whisk sampai berbusa, lalu aduk dengan biji-bijian dan biji-bijian sampai semuanya terlapisi dengan baik. Langkah ini opsional, tetapi akan membuat granola ekstra renyah. Dan itu tidak akan terasa seperti telur, saya janji.

6 Line a tray
Panaskan oven ke 170C (kipas 150C) / 335F / tanda gas 3½. Lapisi nampan besar dengan kertas tahan panas, letakkan di sudut dengan gumpalan minyak atau madu. Masukkan campuran granola ke kertas dan sebarkan dengan baik, pastikan kacang dan bijinya terdistribusi secara merata.

7 Panggang sampai keemasan
Masukkan baki ke dalam oven selama total 30-35 menit. Saat granola sedang dimasak, aduk sesekali, agar matang merata dan memecah gumpalan besar. Jika Anda lebih suka tekstur yang lebih bebas, hancurkan semuanya secara teratur.

8 Keren
Jangan khawatir jika granola tampak sangat lunak ketika keluar dari oven – akan garing karena turun ke suhu kamar. Gunakan semua kontrol diri Anda untuk membiarkannya dingin tanpa terganggu di atas loyang sebelum menambahkan bahan yang tersisa.

9 Campur
Menyebarkan beberapa buah kering (saya suka campuran hal-hal manis seperti kurma dan aprikot cincang, dan ceri asam dan cranberry) dan potongan toffee, keripik coklat atau indulgensi lain yang membantu memudahkan Anda memasuki pagi hari. Tuang granola ke dalam wadah kedap udara untuk disimpan. Sajikan dengan yoghurt, buah atau susu – atau segenggam langsung dari toples.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *