Cara memasak saag paneer – resep

Saag paneer telah lama menjadi hidangan sampingan saya di restoran-restoran India, tetapi setelah berhasil menciptakan kembali keajaiban sayuran hijau berminyak lezat yang dihiasi bantal-bantal besar berisi keju dadih segar ini, belakangan ini semakin saya menemukan diri saya makan di rumah tanpa makan apa pun. lebih dari sekadar roti lapis hangat untuk perusahaan. (Catatan: untuk membuat vegan ini, gunakan tahu ekstra keras sebagai ganti paneer.)

Persiapan 15 menit, ditambah waktu pengeringan
Masak 10 menit
Berfungsi 4 sebagai sisi

Untuk paneer
1,1 liter susu murni
1 sdm jus lemon
¼ sdt garam halus

Untuk hidangan
500g bayam segar, dicuci dengan baik, atau 5 pucuk bayam daun utuh beku, dicairkan (atau sayuran lainnya – lihat langkah 9)
1 bawang kecil
4 siung bawang putih lemak
Jahe segar ukuran 4cm
1 cabai hijau segar kecil
2 sdm ghee
½ sdt garam
1 sdt garam masala
½ sdt kunyit
1 Mulai keju DIY (atau beli beberapa)

Jika Anda lebih suka tidak membuat paneer sendiri, gunakan 150g keju yang dibeli di toko. Namun, jika Anda melakukannya, Anda harus bekerja satu jam ke depan.

Masukkan susu ke dalam panci dan panaskan, aduk sesekali, sampai berbusa tapi tidak mendidih (93C ideal, menurut buku Morgan McGlynn, The Modern Cheesemaker). Matikan api dan aduk jus lemon.
2 Selesaikan paneer

Setelah susu benar-benar dipisahkan menjadi dadih padat dan whey cair – sekitar 15-20 menit – tuangkan ke dalam saringan yang diregangkan di atas mangkuk (whey yang terkumpul dalam mangkuk dapat diminum atau digunakan untuk memanggang).
Peras dadih di saringan, campur garam, lalu bentuk menjadi kotak kasar. Bungkus ini di muslin, timbang ke bawah dengan piring di atasnya dengan satu atau dua kaleng, dan biarkan selama satu jam untuk dikeringkan.
3 Jika Anda menggunakan bayam segar …
Bayam daun utuh beku baik-baik saja di sini, jika Anda mau; cukup mencairkan dan memerasnya sampai benar-benar kering sebelum memotongnya secara kasar dan melanjutkan dari langkah 5 – tidak perlu mencucinya. Tetapi jika Anda menggunakan bayam segar – besar, daun dewasa, dicuci dengan baik, akan menjadi pilihan saya – bawalah panci besar berisi air asin sampai mendidih dan isi wastafel atau mangkuk dengan air es.
4 Pucat, es, dan kering

Rebus bayam segar selama 10 detik, lalu tiriskan dan masukkan ke dalam air es hingga dingin – ini akan membantu menjaga warnanya. Peras dengan penuh semangat di handuk teh bersih, lalu cincang halus batang besar dan kasar memotong daun. Beri perasan terakhir untuk memastikannya sedingin mungkin sebelum Anda mulai memasak saag paneer.
5 Siapkan semuanya untuk pergi

Potong paneer menjadi kubus kasar (jenis buatan sendiri akan selalu lebih lembut daripada jenis komersial).

Kupas dan iris halus bawang dan bawang putih. Kupas dan parut jahe, lalu buang dan potong cabai halus. Masukkan ini dan semua bahan lainnya dalam jangkauan kompor, karena Anda harus bekerja dengan cepat begitu Anda mulai memasak.
6 Mulai memasak

Panaskan ghee dalam wajan besar berbasis berat dengan api sedang-tinggi. Goreng paneer, dalam jumlah banyak, jika perlu, hingga berwarna keemasan dan berkerak di semua sisi – jika ini buatan sendiri, hati-hati saat memutarnya, karena akan sangat rapuh.

Dengan sendok berlubang, idealnya, ambil kubus dan letakkan di atas piring yang dilapisi kertas dapur untuk ditiriskan, sisakan ghee sebanyak mungkin di dalam wajan, lalu bumbui dengan sedikit garam.
7 Goreng bawang, bawang putih dan rempah-rempah

Masukkan bawang, bawang putih, jahe, dan cabai ke dalam wajan panas, bersama dengan bumbu kering dan garam yang tersisa, dan goreng, aduk dengan penuh semangat, sampai lunak, tetapi tidak kecokelatan – matikan api jika ada sesuatu yang mengancam membakar , dan tambahkan ghee sedikit lagi, jika perlu.
8 Sentuhan akhir

Masukkan bayam cincang kering ke dalam wajan dan tumis sampai tercampur rata dengan bahan-bahan lainnya, lalu kembalikan paneer ke dalam wajan dan panaskan – jangan diaduk terlalu banyak pada tahap ini atau keju mungkin pecah . Cicipi dan sesuaikan bumbu, jika perlu, dan sajikan sekaligus dengan roti lapis pilihan atau nasi.
9 Alternatif

Sebenarnya, nama hidangan ini harus palak paneer – Saya telah menggunakan nama yang lebih akrab ditemukan pada menu restoran, tetapi ini sering mengandung campuran sayuran berdaun, jadi jangan ragu untuk bermain-main dengan apa yang Anda miliki. Pastikan itu benar-benar layu, cincang kasar dan benar-benar kering sebelum menambahkannya ke panci di langkah 8.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *