Cara memasak moussaka – resep

Saya pikir, oussaka adalah hidangan yang sempurna untuk bulan April, kombinasi langka sinar matahari selatan dan kenyamanan pemanasan. Ini juga cara yang ideal untuk menggunakan sisa daging domba dari daging panggang Paskah. Paling banyak dikaitkan dengan Yunani, muncul dalam berbagai bentuk dari Afrika Utara ke Balkan – dibumbui dengan manis, kaya dan goyah, dan selalu sangat lezat.

Persiapan 15 mnt
Garam 30 mnt (opsional)
Masak 1 jam 35 menit
Untuk 4 porsi, murah hati

500 g domba cincang (lihat langkah 1)
3 terong sedang (atau 2 besar)
Garam laut halus dan lada hitam
4 sdm minyak zaitun
1 bawang besar
4 siung bawang putih
1½ sdt kayu manis
1 sdt oregano kering
2 sdm pure tomat
150 ml anggur merah
1 sekelompok kecil daun peterseli pipih, diambil dan dicincang

Untuk béchamel
Susu 500ml
60g mentega
60g tepung terigu
50g kefalotyri (atau pecorino)
2 butir telur, kocok
Pala, untuk memarut
1 Domba bukan satu-satunya daging

Meskipun saya suka moussaka yang dibuat dengan domba – saya pikir rempah-rempah bekerja lebih baik dengan rasa manisnya – di tanah airnya, hidangan ini sering dibuat dengan daging sapi muda atau daging sapi cincang, jadi jangan ragu untuk menggunakan berat yang sama dengan salah satu dari itu, atau, memang, kambing, hogget atau daging kambing. Atau, cincang halus 500 g daging panggang sisa, buang kulitnya.

2 Bumbui terong

Potong terong memanjang menjadi irisan setebal ½ cm, masukkan saringan dan garam sedikit. Biarkan selama 30 menit, lalu bilas dan keringkan. (Langkah ini tidak penting, terutama jika Anda sedang terburu-buru, tapi saya pikir itu memberi hidangan jadi rasa yang lebih baik daripada bumbu di akhir.) Sementara itu, panaskan oven hingga 200C (kipas 180C) / 390F / gas 6.
3 Panggang terong

Olesi irisan terong dengan minyak zaitun di kedua sisi (bumbui dengan baik juga, jika Anda melewatkan pengasinan di langkah 2), kemudian atur di atas loyang (atau dua, jika perlu). Panggang sekitar 25 menit, sampai lunak dan keemasan, tetapi tidak cokelat – awasi mereka menjelang akhir waktu memasak – lalu matikan oven untuk saat ini.
4 Goreng bawang dan bawang putih

Sementara terong memanggang, kupas dan cincang halus bawang dan bawang putih, dan taruh dua sendok makan minyak zaitun dalam wajan besar di atas api sedang-tinggi. Masak bawang sampai lunak dan keemasan, tetapi tidak kecokelatan, lalu aduk bawang putih, kayu manis dan oregano, dan goreng selama beberapa menit lagi, hanya sampai bawang putih kehilangan baunya.
5 Cokelat daging cincang

Nyalakan sedikit panas dan tambahkan daging, aduk untuk menghilangkan benjolan. Masak sampai cincang berwarna kecoklatan dan campurannya cukup kering, lalu bumbui secukupnya. Jika Anda menggunakan daging yang sudah dimasak, cukup tumis selama beberapa menit untuk memanaskannya.

6 Tambahkan cairan dan biarkan rebusan

Ukur 150ml air, kocok sedikit ke dalam pure tomat untuk melonggarkannya, lalu tuang pasta, anggur dan sisa air ke dalam wajan. Didihkan, lalu kecilkan api dan biarkan masak dengan lembut selama 30-40 menit, sampai sebagian besar cairan menguap dan Anda memiliki saus daging yang kental. Periksa dan sesuaikan bumbu lagi.
7 Buat saus putih

Sementara saus dagingnya berkurang, buat bechamel. Tuang susu ke dalam wajan kecil dan, di atas api kecil, didihkan sedikit di bawah mendidih. Lelehkan mentega dalam panci sedang di atas api sedang, dan aduk tepung. Masak selama beberapa menit, sampai tercium bau roti bakar, lalu kocok dalam susu panas sedikit demi sedikit, dan masak, aduk terus, hingga saus mengental.

8 Tambahkan keju dan telur

Parut keju dan aduk ke dalam saus putih, lalu angkat api dan biarkan agak dingin. Panaskan kembali oven hingga 200C (kipas 180C) / 390F / gas 6. Kocok telur ke dalam saus putih dan bumbui dengan garam dan pala, tebal dengan yang terakhir; hidangan ini bisa menerimanya. Aduk peterseli cincang ke dalam saus daging dan bumbui lagi sesuai selera.

9 Pasang, masak – dan dinginkan

Susun sepertiga terong di dasar sajian oven yang dilumuri sedikit minyak dan tambahkan setengah daging. Ulangi lapisan ini, akhiri dengan lapisan terong, lalu beri bechamel di atasnya. Panggang selama sekitar 45 menit, hingga kecoklatan, lalu biarkan hingga dingin sebelum disajikan. Percayalah, suhu penyajian yang lebih dingin membuat perbedaan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *